Share Education

GRAFIKA Komputer::
pengertian dan Fungsi alat Input / Output di bawah ini_!!

1. Keyboard 6. Glove

2. Mouse 7. Digitzer

3. Track ball 8. Touch panel

4. Spaceball 9. Light pen

5. Joystick 10. Valuator

11. choice


PENGERTIAN dan FUNGSI GAMBAR




Papan ketik (bahasa Inggris: keyboard) atau kibor adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.

Papan ketik terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya.

Ada berbagai jenis tata letak tombol pada papan ketik. Akan tetapi, yang paling populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY, meniru sistem tata letak mesin ketik.

Papan ketik tipe baru biasanya mempunyai tombol tambahan di atas tombol fungsi (F1, F2, dst.) untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer. Selain itu, papan ketik baru juga sudah banyak yang mendukung teknologi nirkabel.


Tetikus atau yang lebih dikenal dengan nama mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Tetikus memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus[1].

Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol.

Tetikus bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.

Untuk dapat mengoperasikan Cimatron, user mutlak harus mengerti fungsi-fungsi mouse. Berikut ini adalah fungsi dasar mouse yang paling sering dipergunakan.

1. Klik kiri : Untuk select dan unselect.

2. Klik tengah : untuk keluar dari suatu menu atau submenu, suatu aktifitas yang telah lengkap. Digunakan juga untuk mengkonfirmasi pemilihan sebuah aktifitas dan pemilihan suatu entiti.

3. Klik Kanan : digunakan untuk menampilkan sub menu dalam suatu fungsi.


Track ball merupakan Sebuah bola yang dapat diputar dengan jari untuk menghasilkan posisi kursor pada layar. Trackball digunakan pada aplikasi 2 dimensi, fungsi track ball tidak jauh dengan mouse yaitu sebagai pengatur arah kursor.


spaceball

Sebuah bola yang dapat diputar dengan jari untk menghasilkan posisi kursor pada layar. spaceball pada aplikasi 3 dimensi, virtual reality, pemodelan. Fungsi spaceball sama seperti mouse dan track ball


Tuas kontrol (bahasa Inggris: joystick) adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol. Selain untuk mengontrol permainan video, tuas kontrol juga banyak diimplementasikan pada mesin lain, seperti pada kursi roda bermotor dan truk.

• Terdiri dari tongkat kecil yang terpasang pada sistem untuk mengendalikan kursor pada layar, dapat bergerak bebas kanan-kiri, maju-mundur, atas-bawah, berputar

• Penggunaan umumnya lebih sulit dilakukan karena perpindahan posisi yang kecil memerlukan lima atau sepuluh kali gerakan kursor, hal ini menyebabkan posisi kursor pada layar tidak tepat seperti yang dikehendaki, sehingga penggunaan biasanya hanya untuk komputer game.

Digunakan untuk mendetekasi gerakan jari dan tangan. Sepasang elektromagnet antara antena pemancar dan penerima digunakan untuk melengkapi informasi tentang posisi dan orientasi dari tangan.

• Alat untuk membuat gambar, lukisan, atau memilih posisi koordinat suatu objek baik 2 dimensi maupun 3 dimensi. Digunakan untuk scan suatu objek dan masukannya pada sistem berupa nilai diskrit dari posisi koordinat.

• Tablet (graphic tablet/data tablet) adalah papan datar ukuran 6 x 6 inch atau lebih, digunakan untuk mendeteksi posisi stylus sesuai kehendak user. Stylus adalah alat yang berbentuk pensil dan digunakan untuk menunjuk posisi pada tablet.

• Untuk menampilkan objek atau posisi layar dengan sentuhan jari. Aplikasi yang umum menggunakan touch panel adalah pemilihan proses dengan memilih icon yang ada.

• Digunakan untuk menyeleksi posisi layar dengan mendeteksi sinar yang datang dari titik pada layar CRT.

• Mempunyai beberapa kekurangan sehingga jarang dipakai :

- saat light pen menunjuk layar sebagian image dari screen terserap oleh tangan dan pen

- penggunaan pen dalam jangka lama menyebabkan kelelahan pada tangan

- terkadang tidak dapat mendeteksi area berwarna hitam

- terkadang memberi hasil yang salah dari pembacaan data karena pengaruh sinar ruangan.

Dilengkapi dengan nilai skalar dan digunakan sebagai dasar pada potentiometer, seperti pengaturan volume dan tone pada peralatan stereo, dapat diputar 360°

• Function key adalah bentuk yang paling umum sebagai peralatan choice( pilihan). Terkadang choice dibuat merupakan unit yang terpisah, tetapi lebih banyak menjadi satu kesatuan dengan keyboard, tablet, mouse.

• Digunakan untuk memasukkan perintah atau pilihan menu pada suatu program grafik.